kinerja & MANUSIA

Hasil kajian mandiri karya Harold D. Stolovitch danErica J. Keeps dengan judul “What is Human Performance Technology ?”

Menurut kedua penulis ini, akan lebih baik bila kita bedah dari penggunaan istilah Human Performance Technology sebagai berikut:

Human dalm pemakaiannya berarti manusia. Bukan istilah yang asing karena dalam Teknologi Kinerja, subyek diskusi adalah manusia. Manusia di tempat kerja. Tekin memiliki sistem yang berorientasi pada hasil orang-orang di tempat kerja.

Performance berarti hasil yang terukur, dan suatu yang harus di penuhi dalam suatu pekerjaan… Tekin berkonsentrasi pada pengembangan sistem yang memberi nilai pada bentuk luaran yang disebut kinerja.

Technology dalam penggunaan istilah Tekin berarti prosedur yang sistematis dan objektif. Semuanya dikaji dari beberapa ahli behavior dan praktisi HPT.

Bagaimana HPT bekerja dan apa batasannya….??!!!

Untuk menjawab pertanyaan diatas, kajian yang dilakukan oleh Stolovitch&Keeps dalam tulisannya sudah cukup untk menjawabnya.  Namun, mngkin ada banyak kesulitan dalam mencerna rangkaian kata dan paragraf yang tertulis.

HPT merupakan hasil kajian teori dan praktek lapangan tentang peningkatan kinerja seseorang di tempat kerja. Berdasar  padateori behaviorisme, HPT dapat dirancang dan dilaksanakan dengan pembuatan tujuan kinerja yang dapat diukur dan strukturisasi elemen2 dalam sistem yang menunjang peningkatan kinerja.

Selain beberapa hal di atas,  Ynag jelas seperti yang sudah dibahas oleh beberapa teman lain dalam tentang kajian ini, HPT itu sistematis, sistemik, fokus pada peningkatan dan pengembangan (untuk menggantikan kata achievement) kinerja manusia dan sistem nilai yang ada. HPT juga terbuka untuk semua metode, model (dan sebenarnya suangat buanyak !!!), & media.

Yng juga penting, HPT atau Tekin itu sangat relevan dengan dunia organisasi (dan juga bisnis bila kita lihat kajian Roger E. Main dalam kumpulan tulisan Piskurich).

Pendekatan Sistem memberikan keuntungan bagi organisasi. Apa sebab? karena pensekatan sistem dalam HPT memberikan “pelayanan” peningkatan kinerja orang-orang dalam organisasi tersebut. Seperti analisis kinerja, design, prosedur evaluasi, training, rancang ulang lingkungan yang mendukung, sistem umpan balik, sistem insentif dan motivasi. ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? -iQ-

Bahasa2 yng digunakan dalam HPT memiliki kecocokan dengan param pembuat keputusan dalm sebuah organisasi. Sistem berpikir  dan konsen pada keuntungan yang terukur menjadi hal yang biasa dlam dunia industri dan ekonomi.

Dari beberapa hal diatas, ada pertanyaan yang coba diajukan oleh Stolovitc&Keeps…

  • Sebagai sebuah istilah yang bernsur teknologi, apakah Tekin bersifat mekanis dan mendehumanisasi ??!!!
    • Justru Tekin sangat peduli pada motivasi manusia sebagai individU, orientasi pada hasil, dan peduli pada sistem nilai. Karenanya, dalam praktek peningkatan kinerja Tekin, KITA –TPers– harus memperkuat rasa peka kita (respek) pada proses memanusiakan manusia.
  • Apakah Tekin tidak bertoleransi dengan pendekatan2 lain ??!!
    • Karena Tekin meminta definisi misi yang jelas dari siste, rencana strategi, indikasi yang jelas, pertimbangan biaya intervensi, MAKA Tekin membutuhkan car/ pendekatan yang jelas dengan didukung dengna teknologi2 baru, acuan2 teori diikuti dengan interest , pengembangan pada psikologi kognitif, penelitian tentang otak, desain organisasi, dan kecerdasan buatan.
  • Apakah Tekin terlalu mengantungkan pada management karena berorientasi pada hasil ??
    • Sebagai sebuah bentuk intervensi yang ideal, Tekin membutuhkan pengelolaan yang baik. Namun, Tekin tidak hanya menggantungkan pada pengelolaan yang baik saja, tapi juga pada orang-orang yang menunjukkan kinerja atau pda sumber data-data yang dibutuhkan dalma merancang intervensi yang pas.
  • Apakah mengikuti training formal dalam perekrutan praktisi Tekin menjadi suatu hal yang harus diikuti ??
    • YA ! KARENA Tekin (HPT) merupakan suatu bidang, maka diminta pengkajian, praktek dan umpan balik seperti dalam program pelatihan formal lainnya.

Meningkatkan kinerja menurut kedua penulis ini, merupakan suatu hal yang menghumanisasi. Namun proses dan hasilnya merupakan tujuan organisasi. Membelajarkan orang dalm organisasi karena adanya kekurangan keahlian yang membuatnya tidak dapat mengikuti arus organisasi merupakan tugas bagi kita para TPers yang mempelajari Tekin.

MAKA….SEMANGAT !!! ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? ? -iQ-
Demiikian dulu kajian pertama saya dari buku Handbook of Human Performance Technology dalam tulisan Stolovitch & Keeps.

Salam Maaf atas segala kekurangan…

Imraan Muslim

Kajian 1 Teknologi Kinerja (Stolovitch&Keeps)

ApakahTeknologi Kinerja itu ??

Iklan

Tentang imraan muslim

imraan muslim adalah seorang merupakan mahasiswa (prodi) Teknologi Pendidikan dengan konsentrasi pada Human Performance Technology. Saya biasa dipanggil imronQren, juga memiliki e-mail di imron_qren@yahoo.co.id imraanmuslim@gmail.com Impian saya masih akan beberapa tahun lagi dari sejak saya tulis ini (), beberapa adalah : 1. Menyelenggarakan suatu event seminar ataupun training berskala besar, menjadi pembicara di suatu pelatihan berskala besar,... 2. Mengelola SDM sekolah yang ada di Bojonggede, 3. Membangun sekolah berstandar nasional yang unik nan unggul di Bojonggede, 4. Membangun Pusat Sumber Belajar yang terlengkap dgn beragam program/pelayanan di Bojonggede, 5. Membangun iQ-Land di Bojonggede-Cibinong sesuai dengan konsep MICE, akulturasi budaya, nintendo-IPTEK-indonesia, Apakah Anda berminat untuk mendukung dan berpartisipasi menggapai impian saya ?! Tantangan besar dan berat memang ... tapi selalu ada jalan untuk orang yang bermimpi !!
Pos ini dipublikasikan di performance technology. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s