World-class Corporation : MITSUI as Sogoshosha

Perusahaan Berkelas Dunia : Sogoshosha, MITSUI

penulis Imraan Muslim

1215 06 1040

Persaingan organisasi bisnis untuk menjadi yang terbaik merupakan suatu hal yang biasa. Sebuah kompetisi untuk memenangkan seleksi alam. Namun, tantangan dunia sekarang tidak hanya berlaku untuk organisasi bisnis semata. Organisasi non-bisnis pun mau tidak mau harus berusaha untuk mengikuti seleksi kompetisi untuk menjadi yang terbaik. Orientasinya tidak lagi mengenai profit dan keuntungan tapi berorientasi pada kontribusi pada lingkungan.

Sebuah korporasi kelas dunia harus dapat untuk terus maju dalam seleksi dan kompetisi dengan kompetitor lainnya. Perusahaan MITSUI adalah sebuah perusahaan dagang yang dikenal dengan istilah Sogoshosha. Perusahaan dagang dari Jepang ini adalah salah satu bentuk nyata bagaimana sebuah organisasi harus terus berkembang dan menghadapi tantangan persaingan.

Mitsui sebagai sebuah sogoshosha telah berdiri 3 abad yang lalu pada tahun 1673. Sebagai sebuah kelompok dagang kecil, sogoshosha Mitsui telah menerima tantangan waktu dan zaman. Menarik untuk dikaji, riwayat kehidupan sogoshosha ini dapat dilihat dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap model bisnis tradisional. Tahap kedua adalah tahap yang dinamakan dengan disintermediasi. Tahap ini merupakan tahap ketika Mitsui telah berada di pinggir menuju dunia terbuka. Mulai dipahami perlunya penggunaan teknologi tepat dan cepat—leverage technology. Terakhir adalah tahap ketiga, masa sekarang dengan jaringan global 42.000 karyawan, pendapatan bersih sebesar 2,6 miliar dollar AS (March 2007).

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah Mitusi sebagai perusahaan dagang berkelas dunia, tidak meninggalkan peran penting faktor manusia. Hal ini terlihat dari bagaimana Mitsui memberikan porsi khusus pada manajemen sumberdaya manusia. Isu kunci dalam manajemen sumberdaya manusia ada dua. Pertama tentang ‘rekruitmen’ yang transparan dan sesuai dengan kebutuhan. Kedua tentang pengembangan sumberdaya manusianya. Ada penjabaran sederhana bagaimana strategi Mitusi dalam mengembangkan sumberdaya manusia mereka. Yaitu, terbukanya jenjang karir dan program pendidikan kembali bagi karyawannya. Yang patut digarisbawahi adalah Mitsui tidak bermaksud menciptakan seorang manajer-manajer kelas dunia tapi bagaimana membangungkan pemimpin-pemimpin kelas dunia—dalam konteks perusahaan bisnis. Penulis sendiri belum menelusuri lebih dalam bagaimana strategic plan Mitsui tapi terlihat dari Presiden Mitusi Indonesia, Mr. Kumagawa bahwa ada sebuah strategicplan yang mahal untuk membangun kepemimpinan sumberdaya manusa mereka.

Secara umum, Mitsui sebagai sogoshosha berkelas dunia, memiliki apa yang dinamakan oleh mereka dengan MVV. Penjabaran untuk jargon mereka ini adalah bagaimana misi mereka untuk mendapatkan ‘target yang bersinar’, goal setting yang jelas. Lalu bagaimana visi mereka untuk masa depan. Dan terkahir adalah bagaimana value budaya perusahaan mereka. Menarik bagi penulis, karena presiden Mitusi Indonesia, memberikan gambaran sederhana bagaimana nilai tersebut ada di perusahaan. Menurutnya, bukan bagaimana nilai itu berbicara dan siapa yang membuat nilai tersebut. Meskipun seorang pimpinan (leader) perusahaan memiliki kewajiban untuk membuat nilai perusahaan, tapi yang terpenting adalah bagaimana nilai-nilai tersebut mewarnai hidup kerja karyawannya. Nilai-nilai perusahaan mengalir dalam semangat hidup semua orang yang ada di Mitsui.

*laporan kuliah umum untuk MK Budaya Korporasi Jepang pada selasa, 21 Oktober 2008, PSJ UI

**penulis adalah mahasiswa prodi. Teknologi Pendidikan dengan peminatan pada PSDM, Pengembangan Organisasi dan Rekayasa Kinerja.

Iklan

Tentang imraan muslim

imraan muslim adalah seorang merupakan mahasiswa (prodi) Teknologi Pendidikan dengan konsentrasi pada Human Performance Technology. Saya biasa dipanggil imronQren, juga memiliki e-mail di imron_qren@yahoo.co.id imraanmuslim@gmail.com Impian saya masih akan beberapa tahun lagi dari sejak saya tulis ini (), beberapa adalah : 1. Menyelenggarakan suatu event seminar ataupun training berskala besar, menjadi pembicara di suatu pelatihan berskala besar,... 2. Mengelola SDM sekolah yang ada di Bojonggede, 3. Membangun sekolah berstandar nasional yang unik nan unggul di Bojonggede, 4. Membangun Pusat Sumber Belajar yang terlengkap dgn beragam program/pelayanan di Bojonggede, 5. Membangun iQ-Land di Bojonggede-Cibinong sesuai dengan konsep MICE, akulturasi budaya, nintendo-IPTEK-indonesia, Apakah Anda berminat untuk mendukung dan berpartisipasi menggapai impian saya ?! Tantangan besar dan berat memang ... tapi selalu ada jalan untuk orang yang bermimpi !!
Pos ini dipublikasikan di performance technology dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke World-class Corporation : MITSUI as Sogoshosha

  1. Ping balik: My Blog » Blog Archive » World-class Corporation : MITSUI as Sogoshosha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s