Human Performance Technology karya Bpk. Uwes

HUMAN PERFORMANCE TECHNOLOGY yang ditulis oleh Bpk. Uwes Chaeruman
dalam /fakultasluarkampus.net/human-performance-technology-apakah-itu/
ini adalah salah satu karya pengantar tentang apa itu Teknologi Kinerja. Saya sendiri tidak terlalu banyak membuat tulisan di blog tentang hal ini, tapi mungkin bisa membaca tulisan lainnya yang juga telah di posting di blog tpers.net.

Bpk. Uwes adalah salah satu dosen saya di Universitas Negeri Jakarta. ALIH-alih menggunakan nama beliau yang telah menjual, saya hanya menumpang saja agar ikut dapat ilmu dan rezekinya. Hahhaha …. semoga gak marah-marah ya beliau …
berikut adalh tulisan pengantar beliau tentang teknologi kinerja, selamt menikmati :

Human performance technology (HPT) atau teman-teman teknologi pendidikan di UNJ sering menyebutnya dengan istilah TEKIN sebagai singkatan dari Teknologi Kinerja, adalah mata kuliah yang tergolong baru di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Dalam perkuliahan yang saya ampu, masih banyak mahasisiwa yang mempertanyakan tentang konsep teknologi kinerja.
Berikut adalah salah satu definisi HPT:

Human Performance Technology is the systematic and systemic identification and removal of barriers to individual and organizational behavior. (Roger Chevalier, Performance in Practice, Summer 1998)

Jadi, secara umum teknologi kinerja adalah identifikasi dan pemecahan masalah prilaku yang terjadi dalam individu dan organisasi. Namun, lebih rinci lagi Elvis Keith Lester menjelaskan sebagai berikut:

A systematic set of methods, procedures and strategies for solving problems/realizing opportunities related to the performance of people and organizations.
May be applied cost-effectively to: (1) individuals; (2) small groups; (3) teams; or (4) large organizations
Employs interventions/solutions such as: information, communication, organizational development, training, work/job desig, performance management, staffing, environmental engineering, ergonomics, motivation, feedback, reward, appraisal systems, coaching, culture change, reporting, leadership, electronic performance support, supervision, education, teambuilding, re-engineering staffing, mapping, etc.

Jelas sekali bahwa Teknologi Kinerja adalah serangkaian metode, prosedur dan strategi yang sistematis untuk memecahkan masalah atau menyadari peluang/kesempatan yang berkaitan dengan kinerja orang-orang dan organisasi. Kegiatan tersebut dapat diaplikasikan baik untuk level individual, kelompok kecil, tim, atau organisasi besar. Dimana bentuk-bentuk intervensi/solusinya dapat dilakukan dalam bentuk informasi, komunikasi, pengembangan organisasi, pelatihan, work/job design, manajemen kinerja, rekayasa lingkungan, ergonomic, feedback system, reward, coaching, perubahan budaya, electronic support system, dan lain-lain.

Dengan demikian, tugas teknolog kinerja sama seperti dokter. Mulai melakukan diagnosa masalah secara sistematis dan menyeluruh. Kemudian menyimpulkan inti penyebab masalah (penyakit). Untuk kemudian membuat resep pengobatannya seperti apa. Teknolog kinerja beperan dalam mendiagnosa permasalahan kinerja dalam suatu organisasi, kemudian menyimpulkan inti penyebab menurunnya kinerja secara holistik, dan kemudian merekomendasikan, merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi serta memonitor pelaksanaan intervensi atau solusi. Bentuk-bentuk solusi dapat bermacam-macam dan dapat bersifat instruksional (seperti pelatihan, distance learning, dll) maupun yang bersifat non-instruksional (seperti perubahan budaya, pemanfaatan electronic support system, insentif, dll) seperti dicontohkan di atas.human-performance1

Iklan

Tentang imraan muslim

imraan muslim adalah seorang merupakan mahasiswa (prodi) Teknologi Pendidikan dengan konsentrasi pada Human Performance Technology. Saya biasa dipanggil imronQren, juga memiliki e-mail di imron_qren@yahoo.co.id imraanmuslim@gmail.com Impian saya masih akan beberapa tahun lagi dari sejak saya tulis ini (), beberapa adalah : 1. Menyelenggarakan suatu event seminar ataupun training berskala besar, menjadi pembicara di suatu pelatihan berskala besar,... 2. Mengelola SDM sekolah yang ada di Bojonggede, 3. Membangun sekolah berstandar nasional yang unik nan unggul di Bojonggede, 4. Membangun Pusat Sumber Belajar yang terlengkap dgn beragam program/pelayanan di Bojonggede, 5. Membangun iQ-Land di Bojonggede-Cibinong sesuai dengan konsep MICE, akulturasi budaya, nintendo-IPTEK-indonesia, Apakah Anda berminat untuk mendukung dan berpartisipasi menggapai impian saya ?! Tantangan besar dan berat memang ... tapi selalu ada jalan untuk orang yang bermimpi !!
Pos ini dipublikasikan di meng-inspirasi diri, performance technology dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s