KKTM (prodi) Teknologi Pendidikan di Ujung Tanduk !

Apa pasal ?? KKTM yang merupakan ajang bagi mahasiswa tiap jurusan untuk mengadu kemampuan berpikir ilmiah dan menuliskannya…. dlm bentuk karyatulis ilmiah…. yang standarnya telah dibuat oleh dikti.

Namun apa daya, ajang ilmiah ini kurang menarik minat mahasiswa. Bahkan kurang menarik minat pihak jurusan. Kegiatan pembuatan dan keikutsertaan peserta KKTM ini sebenarnya tidak sesederhana membalikkan setumpuk buku dan keahlian berbicara saja tapi juga aspek lain.

Aspek yang yang harus dipersiapkan oleh peserta adalah :

1. Aspek motivasi !!

……kalau memang motivasi diri tidak kuat, luluh lah semua usaha. Tapi juga jangan disalah artikan bahwa hanya si peserta KKTM ini yang memegang semua keputusan dan kekuasaan untuk maju dalam ajang ini.

2. Aspek Lingkungan !

…….lingkungan hidup mahasiswa yang berada di kampus pun harus dilihat sebagai inkubator untuk melahirkan gagasan-gagasan dan keberanian untuk berpikir mengenai masalah yang ada di sekitar mereka. Lingkungan ini bisa berarti dengan istilah dosen, mahasiswa lain, kebijakan jurusan, tren kampus, dan lainnya.

Lalu, bagaimana dengan saya ? Saya pun telah berusaha untuk membuat bahan / draft KKTM untuk tingkat fakultas yang akan deadline pada 16 Feb 2009 nanti. Bagaimana hasilnya ?

G-A-G-A-L !!!!

kenapa ??

alasan yang terlalu mudah sebenarnya, yaitu :

1. Tiadanya forum diskusi atau fasilitasi untuk saling bertukar ide dan mengkritik. Apalagi kenyataan di lapangan, sulit untuk menarik minat mahasiswa TP untuk mengikuti ajang KKTM ini.

2. Tiadanya kebijakan yang kuat dari jurusan KTP untuk mendukung dan mempengaruhi berbagai pihak di jurusan KTP untuk saling bersinergi menghasilkan suatu karya tulis baru dalam ajang KKTM ini.

-hal yang bisa dilihat dari hal ini adalah… masih kurang nya promosi KKTM dari jurusan. Belum adanya pelayanan bagaimana memfasilitasi bakalcalon peserta KKTM … apakah itu forum diskusi, pemanfaatan komputer dan printer, atau yang lainnya.

dan yang ke 3. adalah karena saya sudah tidak dapat menyelesaikan kerangka berpikir saya tentang topik KKTM saya … buntu, deadlock ! Tidak saja karena akhirnya saya egois untuk berpikir sendiri, tapi saya juga berada dalam situasi yang tidak memiliki perangkat yang memudahkan saya mengerjakan bahan KKTM saya …

akhirnya .. malas, …..setengah-setengah … dan .. TIDAK JADI ! saya jadi malu pada mereka yang pernah saya ajak bicara tentang KKTM ini …

tapi mudah-mudahan ada banyak pelajaran yang dapat diambil …

secara performance or …

Tentang imraan muslim

imraan muslim adalah seorang merupakan mahasiswa (prodi) Teknologi Pendidikan dengan konsentrasi pada Human Performance Technology. Saya biasa dipanggil imronQren, juga memiliki e-mail di imron_qren@yahoo.co.id imraanmuslim@gmail.com Impian saya masih akan beberapa tahun lagi dari sejak saya tulis ini (), beberapa adalah : 1. Menyelenggarakan suatu event seminar ataupun training berskala besar, menjadi pembicara di suatu pelatihan berskala besar,... 2. Mengelola SDM sekolah yang ada di Bojonggede, 3. Membangun sekolah berstandar nasional yang unik nan unggul di Bojonggede, 4. Membangun Pusat Sumber Belajar yang terlengkap dgn beragam program/pelayanan di Bojonggede, 5. Membangun iQ-Land di Bojonggede-Cibinong sesuai dengan konsep MICE, akulturasi budaya, nintendo-IPTEK-indonesia, Apakah Anda berminat untuk mendukung dan berpartisipasi menggapai impian saya ?! Tantangan besar dan berat memang ... tapi selalu ada jalan untuk orang yang bermimpi !!
Pos ini dipublikasikan di performance technology dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

