Kinerja Diri dapat Dipacu dalam Aspek Ranah Afektif

Kesenjangan kinerja biasanya dikaitkan dengan kekurangan pengetahuan dan keterampilan. Ternyata kesenjangan kinerja ternyata tidak hanya berasal dari kekurangan (lack) pengetahuan dan keterampilan saja.

Analisis permasalahan kinerja tidak lagi dapat dilihat hanya pada sudut pandang kekurangan pengetahuan dan keterampilan kerja saja. Faktor kesenjangan kinerja juga dapat dilihat dari lingkungan kerjanya. Faktor lain yang juga sering luput dalam tren pengelolaan kinerja tradisional adalah tentang sikap

SIKAP adalah salah satu variabel yang masih sulit untuk diperbaiki atau diasah dalam rangka meningkatkan kinerja. Meskipun memang sikap dapat dilihat dan dirasakan oleh orang lain, namun itupun baru sebatas sikap perilaku, bukan sikap dalam arti pandangan, cara hidup, visi-misi diri, kepercayaan diri, hasrat, dan hal lain yang sebenarnya berada di bawah alam bawah sadar setiap orang.

Karena hal inilah kita akan dapat mengaitkan bagaimana sikap itu sebenarnya dalam sebuah taksonomi pendidikan dalam ranah Afektif. Masih banyak misteri bagaimana kita dapat lebih lanjut mengembangkan sebuah model pengembangan kinerja yang menemui hambatan dalam ranah afektif ini.

Ini tantangan untuk semua HRD dan Manajer Personalia serta para pimpinan perusahaan. Tidak saja kesenjangan ini terkait individu tersebut tapi juga permasalah seluruh organisasi atau perusahaan.

Saya harapkan masukan, saran dan kritik dari rekan-rekan sekalian. Terimakasih.

Iklan

Tentang imraan muslim

imraan muslim adalah seorang merupakan mahasiswa (prodi) Teknologi Pendidikan dengan konsentrasi pada Human Performance Technology. Saya biasa dipanggil imronQren, juga memiliki e-mail di imron_qren@yahoo.co.id imraanmuslim@gmail.com Impian saya masih akan beberapa tahun lagi dari sejak saya tulis ini (), beberapa adalah : 1. Menyelenggarakan suatu event seminar ataupun training berskala besar, menjadi pembicara di suatu pelatihan berskala besar,... 2. Mengelola SDM sekolah yang ada di Bojonggede, 3. Membangun sekolah berstandar nasional yang unik nan unggul di Bojonggede, 4. Membangun Pusat Sumber Belajar yang terlengkap dgn beragam program/pelayanan di Bojonggede, 5. Membangun iQ-Land di Bojonggede-Cibinong sesuai dengan konsep MICE, akulturasi budaya, nintendo-IPTEK-indonesia, Apakah Anda berminat untuk mendukung dan berpartisipasi menggapai impian saya ?! Tantangan besar dan berat memang ... tapi selalu ada jalan untuk orang yang bermimpi !!
Pos ini dipublikasikan di performance technology dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s