TP yang Tekiners …bersinergi dengan Entrepreneurship

Bayangkan Sinergi Quantum yang Mungkin Dihasilkan

Ketika Dunia TP/Tekin dan Entrepreneurship Diintegrasikan!

oleh: Hirmana

Jakarta, Mei 2009

Ringkasan Dunia TP/Tekin:

Di latar dunia nyata pendidikan dan pelatihan TPers dan Tekiners menganalisis dan mengidentifikasi secara kritis (yaitu dengan otak kiri) kesenjangan antara kondisi ideal dan aktual kinerja manusia (yaitu yang terkait dengan pengetahuannya, keterampilannya, dan apa pun selain kedua itu).

Atas kesenjangan yang telah diidentifikasi itu, TPers dan Tekiners menawarkan solusi kreatif (yaitu dengan otak otak kanan), solusi yang bersifat:

– instruksional (untuk kesenjangan terkait pengetahuan dan ketrampilan), dan

– noninstruksional (untuk kesenjangan terkait apa pun selain kedua itu)

Agar sistemik dan sistematis, TPers dan Tekiners menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)

Ringkasan Dunia Entrepreneurship:

Di latar dunia nyata pasar (pasar baik di dalam pengertian secara sempit harafiah maupun luas metaforik) Entrepreneurs mengobservasi dan mendiskoveri/menemukan adanya kesenjangan antara permintaan (demand) dan penawaran (supply). Secara kreatif Entrepreneurs kesenjangan ini menjadi peluang. Ingat definisi Peter Drucker: Entrepreneurs search changes (selain perubahan changes juga berarti kesenjangan), respond to them, and exploit them into opportunity). Ingat juga definisi Ciputra: Entrepreneurs mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas.

Keunggulan Komparatif Dunia TP/Tekin Dibandingkan Entrepreneurship:

Memberikan Entrepreneurs paket bekerja “merasa kreatif (sistemik) dan berpikir kritis (sistematis)”, yaitu ADDIE.

Keunggulan Komparatif Dunia Entrepreneurship Dibandingkan TP/Tekin:

Memberikan TPers dan Tekiners wawasan dan keterampilan tentang konteks dunia nyata pasar di mana di pasar itu terdapat peluang, yaitu adanya permintaan, baik produk maupun jasa, yang belum dipenuhi oleh pihak yang bias menawarkan produk dan jasa). Entrepreneurship juga memberikan TPer dan Tekiners wawasan dan keterampilan untuk tidak hanya sekedar bekerja secara ADDIE, akan tetapi bagaimana dengan ADDIE ini produk dan jasa TP/Tekin bisa juga menjadi emas.

Iklan

Tentang imraan muslim

imraan muslim adalah seorang merupakan mahasiswa (prodi) Teknologi Pendidikan dengan konsentrasi pada Human Performance Technology. Saya biasa dipanggil imronQren, juga memiliki e-mail di imron_qren@yahoo.co.id imraanmuslim@gmail.com Impian saya masih akan beberapa tahun lagi dari sejak saya tulis ini (), beberapa adalah : 1. Menyelenggarakan suatu event seminar ataupun training berskala besar, menjadi pembicara di suatu pelatihan berskala besar,... 2. Mengelola SDM sekolah yang ada di Bojonggede, 3. Membangun sekolah berstandar nasional yang unik nan unggul di Bojonggede, 4. Membangun Pusat Sumber Belajar yang terlengkap dgn beragam program/pelayanan di Bojonggede, 5. Membangun iQ-Land di Bojonggede-Cibinong sesuai dengan konsep MICE, akulturasi budaya, nintendo-IPTEK-indonesia, Apakah Anda berminat untuk mendukung dan berpartisipasi menggapai impian saya ?! Tantangan besar dan berat memang ... tapi selalu ada jalan untuk orang yang bermimpi !!
Pos ini dipublikasikan di 1, meng-inspirasi diri, performance technology dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s