edco 2009 !!! berPrestaSI !!

Excecutive Summaryedco-debate-round3-uzs 013

oleh Imraan Muslim

English Debating Competition (EDCO) 2009

Universitas Negeri Jakarta, June, 12-14 2009

Kompetisi adalah salah satu cara untuk mencapai prestasi. Kebutuhan untuk berprestasi adalah salah satu bentuk motivasi. Kompetisi dapat terjadi untuk berbagai hal. Persaingan antar pedagang dan pengusaha untuk mencari keuntungan, bahkan untuk persaingan untuk berprestasi diberbagai bidang.

Kompetisi untuk berprestasi untuk program studi kita, Teknologi Pendidikan, muncul ketika datang peluang dari panitia English Debating Competition (EDCO) 2009 yang mengundang jurusan kita untuk mengikuti kompetisi debat yang akan mereka adakan. Kompetisi debat dalam bahasa Inggris ini merupakan salah satu cara untuk menunjukkan bagaimana potensi mahasiswa TP dalam bidang  debat bahasa Inggris.

Kami mengikuti kompetisi debat yang didakan oleh Jurusan Bahasa Inggris untuk menjaring mahasiswa yang berpotensi mengikuti debat di tingkat nasional (Brawijaya, PIMNAS 2009). Total peserta yang mengikuti kompetisi debat ini sebanyak 14 tim dari berbagai jurusan di Universitas Negeri Jakarta.

Kompetisi ini akan menggunakan format debat Asian Parliamentary yang terdiri dari 3orang dalam satu timnya. Kompetisi diikuti oleh maksimum 2 tim dari berbagai jurusan atau program studi yang diundang untuk mengirimkan perwakilannya.

Detil laporan utama untuk tim debat dari program studi Teknologi Pendidikan adalah sebagai berikut :

l  Tim yang dikirim sebanyak dua tim, didampingi oleh Imraan Muslim (TP’06)

l  Tim pertama (1) terdiri dari Ubaidah (TP’07), Hikmah (TP’07) dan Sarah Saskia (TP’08)

l  Tim kedua (2) terdiri dari Amelia (TP’08), Amanda (TP’8) dan Zahrotul Uyun (TP’08)

l  Kita telah melakukan 3 kali pertemuan untuk pembentukan dan latihan bersama.

Setiap kegiatan debat dipandu oleh suatu topik yang menjadi mosi untuk didebatkan oleh peserta. Mosi debat ini biasanya adalah topik-topik yang sedang (masih) hangat dibicarakan masyarakat. Kompetisi dengan format debat Asian Parliamentary meminta dua tim yang terdiri dari Affirmative Team dan Negative Team. Mereka terdiri dari tiga orang untuk menjadi pembicara dengan ketentuan tertentu (dilampirkan).

Hasil yang menggembirakan dari kompetisi ini adalah kedua tim dapat lolos menuju perdelapan final (Sabtu, 13/6) dan meneruskan ke babak perempat final (Minggu, 14/6). Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa TP berpotensi untuk menggapai prestasi. Pengenalan dan pengembangan potensi ini tidak bisa hanya menjadi suatu hal yang taken for granted untuk hal-hal yang hanya sekali dan temporer.

Fasilitasi pengembangan potensi mahasiswa TP harus dilakukan oleh berbagai pihak, khususnya Jurusan dan HMJ TP. Fasilitasi ini harus dipandang sebagai suatu bentuk investasi untuk menggapai prestasi. Prestasi tidak saja untuk mahasiswa itu sendiri tapi juga untuk Jurusan dan HMJ TP. Prestasi tidak saja berarti pengembangan keterampilan dan kemampuan mahasiswa tapi juga suatu bentuk untuk menunjukkan nilai tambah  HMJ TP dan gengsi Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

Laporan ini merupakan suatu bentuk kewajiban saya sebagai pendamping mahasiswa yang mengikuti kompetisi debat tingkat universitas ini. Kewajiban karena ada suatu bentuk tanggung jawab ketika saya mencoba menangkap peluang yang ada di depan mata. Tanggung jawab ketika saya menyebarkan informasi dan mempengaruhi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi debat ini. Tanggung jawab karena saya masih mahasiswa Teknologi Pendidikan dan tentunya anggota HMJ TP.

Kabar gembira dari kompetisi debat ini adalah bahwa tim ke-2 berhasil menjadi juara ke tiga (3/ 2nd runner up) di bawah tim wakil dari Fakultas Ekonomi dan Tim English-1. Tim kedua (2) terdiri dari Amelia (TP’08), Amanda (TP’8) dan Zahrotul Uyun (TP’08) sebenarnya kami prediksi menjadi underdog ketika masuk ke Quarter Final bersama Tim TP-1. Putaran pertama kompetisi, tim TP-1 berada di peringkat ke 4 dan tim TP-2 berada di peringkat 10. Namun melewati Quarter Final, ternyata tim TP-2 lah yang masuk ke Final menghadapi tim Ekonomi. Sungguh pencampaian yang luar biasa.

Satu hal lagi, peserta terbaik dengan predikat Best Speaker selama debat untuk seluruh peserta, diberikan kepada Ubaidah (TP’07). Sungguh prestasi yang membanggakan. Banyak adjudicator memberikan evaluasi yang membangun untuk tim TP ini.

Bagaimana kelanjutannya ?

Mahasiswa, Jurusan, dan HMJ TP harus dapat mengambil peluang yang ada di depan mata untuk pencapaian prestasi. Prestasi dapat berarti pengembangan diri, peningkatan nilai tambah dan nilai jual untuk siapapun yang mau berlomba-lomba dalam prestasi. Hal ini tidak akan bisa dianggap biasa saja. Momentum ini sekaligus mendukung diharuskannya pembinaan yang kontinuitas untuk pengembangan potensi mahasiswa TP, apapun itu (tentunya khususnya yang dikompetisikan, seperti : Penulisan Ilmiah, Pekan Kreativitas Mahasiswa, dsb). Demikian laporan dari saya. Pribadi yang mudah salah ini mohon maaf atas segala kekurangan.

Salam Prestatif !

Imraan Muslim (TP’06)

1215 06 1040

Iklan

Tentang imraan muslim

imraan muslim adalah seorang merupakan mahasiswa (prodi) Teknologi Pendidikan dengan konsentrasi pada Human Performance Technology. Saya biasa dipanggil imronQren, juga memiliki e-mail di imron_qren@yahoo.co.id imraanmuslim@gmail.com Impian saya masih akan beberapa tahun lagi dari sejak saya tulis ini (), beberapa adalah : 1. Menyelenggarakan suatu event seminar ataupun training berskala besar, menjadi pembicara di suatu pelatihan berskala besar,... 2. Mengelola SDM sekolah yang ada di Bojonggede, 3. Membangun sekolah berstandar nasional yang unik nan unggul di Bojonggede, 4. Membangun Pusat Sumber Belajar yang terlengkap dgn beragam program/pelayanan di Bojonggede, 5. Membangun iQ-Land di Bojonggede-Cibinong sesuai dengan konsep MICE, akulturasi budaya, nintendo-IPTEK-indonesia, Apakah Anda berminat untuk mendukung dan berpartisipasi menggapai impian saya ?! Tantangan besar dan berat memang ... tapi selalu ada jalan untuk orang yang bermimpi !!
Pos ini dipublikasikan di 1, meng-inspirasi diri dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s