Tugas Pengelolaan Perilaku Siswa

Kelompok 4

Imraan Muslim

<

Pertanyaan :

1. Identifikasikan perilaku-perilaku buruk peserta didik

2. Kemukakan teknik yang menjadi solusi agar perilaku buruk tersebut tidak terjadi dan bagaimana apabila telah terjadi ? (berikan dua contoh saja)

Jawaban :

Perilaku buruk peserta didik adalah segala perilaku siswa yang muncul dan dapat mengganggu pencapaian pembelajaran di kelas. Perilaku buruk ini dapat berupa :

a. berlari-lari di dalam kelas saat pendidik sedang memberikan pengajaran.

b. mengganggu teman sekelasnya yang sedang memperhatikan pendidik memberikan pengajaran.

c. berteriak-teriak di dalam kelas saat pendidik sedang memberikan pengajaran.

Teknik yang dapat menjadi solusi bagi perilaku buruk siswa di kelas menurut pendapat kami adalah:

a. Berlari-lari di dalam kelas saat pendidik sedang memberikan pengajaran :

pendidik memberikan tindakan pencegahan dengan mengajak peserta didik menyepakati tata tertib untuk tidak berlari-lari di dalam kelas. Tindakan pencegahan lain adalah dengan mengajak peserta didik (kelas) melakukan suatu tugas yang dapat dilakukan bersamaan dengan pengajaran pendidik, seperti menulis materi yang diberikan pendidik (lebih dikenal dengan ‘mendikte’ tulisan). Tindakan lain bila perilaku buruk tersebut telah terjadi adalah dengan memanggil nama peserta didik tersebut seraya menghentikan tindakannya dan mempersilahkannya kembali ke tempat duduknya. Tindakan berikutnya adalah setelah jam pelajaran telah selesai, pendidik mengajak bicara peserta didik dan memberikannya pemahaman tentang perilakunya di kelas dan bagaimana dampaknya terhadap situasi kelas dan seluruh orang yang ada di kelas.

b.Mengganggu teman sekelasnya yang sedang memperhatikan pendidik memberikan pengajaran

Pendidik memberikan pengarahan dan pemahaman terlebih dahulu tentang tata tertib untuk tidak mengganggu teman sekelas ketika sedang memperhatikan pendidikpengelolaankelas di awal kelas. Tindakan setelah perilaku itu terjadi adalah dengan menarik perhatian peserta didik di kelas pada materi atau tindakan pendidik untuk mengalihkan kembali konsentrasi peserta didik. Tindakan lanjutan bila perilaku peserta didik tetap berusaha mengganggu kelas adalah dengan menatap mata peserta  didik tersebut. Bila tindakan lanjutan diperlukan adalah dengan menghampiri tempat duduk peserta didik tersebut dan membuatnya tenang.

Iklan

Tentang imraan muslim

imraan muslim adalah seorang merupakan mahasiswa (prodi) Teknologi Pendidikan dengan konsentrasi pada Human Performance Technology. Saya biasa dipanggil imronQren, juga memiliki e-mail di imron_qren@yahoo.co.id imraanmuslim@gmail.com Impian saya masih akan beberapa tahun lagi dari sejak saya tulis ini (), beberapa adalah : 1. Menyelenggarakan suatu event seminar ataupun training berskala besar, menjadi pembicara di suatu pelatihan berskala besar,... 2. Mengelola SDM sekolah yang ada di Bojonggede, 3. Membangun sekolah berstandar nasional yang unik nan unggul di Bojonggede, 4. Membangun Pusat Sumber Belajar yang terlengkap dgn beragam program/pelayanan di Bojonggede, 5. Membangun iQ-Land di Bojonggede-Cibinong sesuai dengan konsep MICE, akulturasi budaya, nintendo-IPTEK-indonesia, Apakah Anda berminat untuk mendukung dan berpartisipasi menggapai impian saya ?! Tantangan besar dan berat memang ... tapi selalu ada jalan untuk orang yang bermimpi !!
Pos ini dipublikasikan di 1, Inspirasi Tugas Kuliah dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Tugas Pengelolaan Perilaku Siswa

  1. Nuzula fildzah berkata:

    wah tugas kampus ya… dipost disindang hhahaa

  2. imraan berkata:

    Oh ya dong…biar lebih bermanfaat …

  3. Tari berkata:

    thankks udah bantu tugas temen gueee…..

  4. IMRAAN berkata:

    semoga bisa memberikan pencerahan. …Tapi tidak untuk di copy paste bulat-bulat ya. Cukup sebagai trigger atau inspirasi aja. Oke!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s