Tugas 4 : Interaksi Edukatif

Imraan Muslim 121506 1040

Pertanyaan :

1.Berikan 3 contoh Anda melakukan interaksi di kelas dengan memanfaatkan teknik prompting!
2.Bagaimana Anda melakukan komunikasi yang paling baik dalam pembelajaran ?

Jawab :
1.Contoh pemanfaatan teknik prompting :
—————–
a.Verbal prompting : Dosen menanyakan tentang topik pembahasan pekan lalu tentang interaksi kelas kepada para mahasiswa. Mahasiswa dikelas tersebut tidak ada yang mampu atau mau menjawab pertanyaan dosen. Bila dalam waktu yang singkat tidak ada respon dari mahasiswa, dosen memberikan verbal prompting tentang beberapa hal pembahasan lalu, seperti : “Pekan lalu kita membahas tentang prompting. Apakah ada yang dapat memberikan contoh verbal prompting itu seperti apa ?”

b.Gestural prompting : Guru menanyakan tentang bagian-bagian indra yang ada di wajah kepada para murid. Bila para murid tidak mampu atau tidak dapat menjawab, guru memberikan petunjuk dengan menunjuk organ indra di wajahnya sendiri.

c.Physical prompting : Guru yang tidak mendapatkan jawaban dari siswa terkait pertanyaan tentang bagian wajah yang dapat menjadi alat indera manusia, dapat memberikan petunjuk dengan menyentuh salah satu alat indera yang ada pada wajah salah satu murid.

2.Cara Komunikasi yang paling baik dalam pembalajaran menurut penulis:
———-
a.Berkomunikasi dengan menunjukkan keramahan seorang guru yang setara.
b.Saling menghargai posisi dan keadaan saat guru ataupun murid berbicara.
c.Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berbicara ataupun bertanya selama di kelas dengan proporsi yang cukup untuk pembelajaran.
d.Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling belajar dengan memberikan waktu belajar kelompok ataupun peserta didik yang ingin memberikan bantuan belajar kepada temannya.

Iklan

Tentang imraan muslim

imraan muslim adalah seorang merupakan mahasiswa (prodi) Teknologi Pendidikan dengan konsentrasi pada Human Performance Technology. Saya biasa dipanggil imronQren, juga memiliki e-mail di imron_qren@yahoo.co.id imraanmuslim@gmail.com Impian saya masih akan beberapa tahun lagi dari sejak saya tulis ini (), beberapa adalah : 1. Menyelenggarakan suatu event seminar ataupun training berskala besar, menjadi pembicara di suatu pelatihan berskala besar,... 2. Mengelola SDM sekolah yang ada di Bojonggede, 3. Membangun sekolah berstandar nasional yang unik nan unggul di Bojonggede, 4. Membangun Pusat Sumber Belajar yang terlengkap dgn beragam program/pelayanan di Bojonggede, 5. Membangun iQ-Land di Bojonggede-Cibinong sesuai dengan konsep MICE, akulturasi budaya, nintendo-IPTEK-indonesia, Apakah Anda berminat untuk mendukung dan berpartisipasi menggapai impian saya ?! Tantangan besar dan berat memang ... tapi selalu ada jalan untuk orang yang bermimpi !!
Pos ini dipublikasikan di 1, Inspirasi Tugas Kuliah dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tugas 4 : Interaksi Edukatif

  1. Mardiati Al Musthofa berkata:

    Syukron atas infonya ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s