Executive Summary Seminar Entrepreneurship di SMK PIONIR

Seminar sehari “Entrepreneurship For All” telah terlaksana di SMK PIONIR Bojonggede. Pelaksanaan pada sabtu, 24 April 2010 pada jam 11.30 memberikan nuansa baru bagi siswa dan guru SMK PIONIR.

Seminar sehari ini menggagas pemahaman entrepeneurship sebagai suatu bentuk jalan terbaik menghadapi kompetisi lulusan sekolah yang mencari lowongan pekerjaan. Sebuah hal yang menarik dari awal mula seminar sehari ini digagas adalah ketika kepala SMK PIONIR, Dra. Tuti Suryati, langsung menangkap rencana ini sebagai peluang.

Seminar sehari ini adalah sebuah peluang bagi siswa untuk mendapatkan pemahaman yang mudah tentang entrepreneurship. Seminar sehari ini juga merupakan peluang bagi sekolah untuk membuka diri terhadap informasi baru dari luar.

Jelas ada potensi besar entrepreneur muda dari siswa SMK PIONIR. Ada keinginan besar untuk membuat usaha konveksi pakaian. Ada pula yang ingin menjadi intrapreneur sebagai Manajer Akuntan suatu perusahaan.

Seminar sehari ”Entrepreneur For All” ini bertujuan untuk memancing potensi-potensi entrepreneur di dalam diri peserta. Para siswa harus kenal dengan potensi dirinya sendiri. Mereka juga harus tahu apa keinginan mereka sendiri. Mengenal bahwa mereka berpotensi menjadi seorang entrepreneur akan mengantarkan mereka pada pilihan mau atau tidak mau menjadi entrepreneur.

Seminar sehari ini membawa gagasan DR.(HC) Ir. Ciputra tentang mereka yang mampu merubah kotoran dan rongsokan menjadi emas. Setiap orang dapat menjadi entrepreneur dengan peran yang sederhana. Mereka yang masih berada di lingkungan sekolah dapat menjadi entrepreneur di bidang akademik. Mereka yang berada di lingkungan bisnis dapat menjadi entrepreneur. Mereka yang hidup di masyarakat dan bergerak atas dasar kepedulian dapat menjadi entrepreneur dibidang sosial. Mereka yang bergerak di bidang pemerintahan dapat menjadi entrepreneur (Government Entrepreneur).

Menjadi seorang entrepreneur tidak hanya dapat bersumber dari bakat dan kemampuan modal. Peter F. Drucker mengatakan bahwa menjadi entrepreneur dapat dilakukan dengan terus berlatih, dan belajar. Hal ini lah yang menjadi gagasan kenapa ada sekolah kejuruan. Mereka yang bersekolah ini memiliki beban belajar sampai 1000 jam untuk menjadi ahli di suatu bidang. Jadi, peluang pelajar SMK untuk menjadi seorang entreprenuer lebih besar dari pelajar jenis sekolah lainnya.

Kami melihat peluang besar untuk berbagi pengetahuan dan membuka akses pengembangan diri dengan SMK PIONIR. Kami, Tekinpreneur Proposal, mengucapkan terimakasih atas kerjasama seminar sehari ini. Kami harapkan kegiatan dan program lainnya dapat terus berlanjut dikemudian hari.

Iklan

Tentang imraan muslim

imraan muslim adalah seorang merupakan mahasiswa (prodi) Teknologi Pendidikan dengan konsentrasi pada Human Performance Technology. Saya biasa dipanggil imronQren, juga memiliki e-mail di imron_qren@yahoo.co.id imraanmuslim@gmail.com Impian saya masih akan beberapa tahun lagi dari sejak saya tulis ini (), beberapa adalah : 1. Menyelenggarakan suatu event seminar ataupun training berskala besar, menjadi pembicara di suatu pelatihan berskala besar,... 2. Mengelola SDM sekolah yang ada di Bojonggede, 3. Membangun sekolah berstandar nasional yang unik nan unggul di Bojonggede, 4. Membangun Pusat Sumber Belajar yang terlengkap dgn beragam program/pelayanan di Bojonggede, 5. Membangun iQ-Land di Bojonggede-Cibinong sesuai dengan konsep MICE, akulturasi budaya, nintendo-IPTEK-indonesia, Apakah Anda berminat untuk mendukung dan berpartisipasi menggapai impian saya ?! Tantangan besar dan berat memang ... tapi selalu ada jalan untuk orang yang bermimpi !!
Pos ini dipublikasikan di 1, Inspirasi Tugas Kuliah, Tekinpreneur Proposal, tentang saya dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s